Wednesday, June 1, 2016

Masa kebangkitan Islam

                                                                     
                                                                        

              Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat islam setelah beliau wafat. Beliau tampak menyerhkan persoalan trsebut kepada kaum muslimin sendiri untuk menentukannya. Karena itulah, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokoh Muhajirin dan Anshar berkumpul dibalai kota Bani Sa’idah, Madinah.

             Sebagai pemimpin umat Islam setelah Rasul, Abu Bakar disebut Khalifah Rasulillah (pengganti Rasul) yang dalam perkembangan selanjutnya disebut Khalifah saja. Khalifah adalah pemimpin yang diangkat sesudah Nabi wafat untuk menggantikan beliau melanjutkan tugas-tugas sebagai pemimpin agama dan kepala pemerintah.

            Di zaman Umar gelombang ekspansi (perluasan daerah kekuasaan) pertama terjadi, ibu kota Syria. Damaskus jatuh tahun 635 M dan setahun kemudian, setelah tentara bizantium kalah dipertempuran Yarmuk, seluruh daerah Syria jatuh kebawag kekuasaan Islam.

            Karena perluasan daerah terjadi dengan ceoat, Umar segera mengatur administrasi Negara dengan mencontoh administrasi yang sudah berkembang terutama di Persia. Administrasi pemerintahan diatur menjadi delapan wilayah propensi : Mekkah, Madinah, Syria, Jazirah, Bazrah, Kufah, Palestina, dan Mesir. Beberapa departemen yang dipandang perlu didirikan. Pada masanya mulai diatur dan diterbitkan system pembayaran gaji dan pajak tanah.

           Umar memerintah selama sepuluh tahun (13-23 H/634-644 M). masa jabatannya berakhir dengan kematian. Dia dibunuh oleh seorang budak dari Persia yang bernama Abu Lu’luah. Untuk menentukan penggantinya, umar tidak menempuh jalan yang dilakukan Abu Bakar.

           Dimasa pemerintahan Utsman (644-655 M), Amerika, Tunisia, Cyprus, Rhodes, dan bagian yang tersisa dari Persia, Transoxania, dan Tabaristan berhasil direbut. Ekspansi islam pertama berhenti di sini.

           Pemerintah Utsman berlangsung selama 12 tahun. Pada paroh terakhir ke Khalifahannya, muncul perasaan tidak puas dan kecewa di kalangan umat Islam terhadapnya. Kepemimpinan Utsman ini mungkin karena umurnya yang lanjut (diangkat dalam usia 70 tahun) dan sifatnya yang lemah lembut.

           Salah satu faktor yang menyebabkan banyak rakyat kecewa terhadap kepemimpinan Utsman adalah kebijaksanaannya mengangkat keluarga dalam kekdudukan tinggi. Yang terpenting diantaranya adalah Warman ibn Hakam. Dialah pada dasarnya yang menjalankan pemerintahan, sedangkan kaum Utsman menyandang gelar Khalifah.

          Meskipun demikian, tidak bahwa pada masanya tidak ada kegiatan-kegiatan penting. Utsman berjasa membangun bendungan untuk menjaga arus banjir yang besar dan mengatur pembagian air ke kota-kota . dia juga membangun jalan-jalan, jembatan-jembatan, masjid-masjid, dan memperluas masjid Nabi di Madinah.

          Setelah Utsman wafat, masyarakat beramai-ramai membaiat Ali ibn Abi Thalib sebagai Khalifah. Ali memerintah hanya enam tahun. Selama masa pemerintahannya, ia mengalami berbagai macam pergolakan. Tidak ada masa sedikitpun dalam pemerintahannya yang dapat dikatakan stabil. Setelah menduduki jabatan Khalifah, Ali memecat para gubenur yang diangkat oleh Utsman. Dia yakin bahwa pemberontakan-pemberontakan terjadi karena keteledoran mereka.

          Masa Kemunduran

          Pada zaman ini, jengis khan dan keturunannya membawa penghancuran ke duia Islam. Jengis khan berasal dari Mongoli. Setelah menduduki peking pada tahun 1212 M. ia mengalihkan serangan-serangannya kea rah barat. Satu demi satu kerajaan Islam jatuh ke tangannya. Transoxania dan Khawrizm dikalahkan pada tahun 1219 M. kerajaan Ghazna pada tahun 1221 M. Azarbaijan pada tahun 1223 M. dan saljuk diasia kecil pada tahun 1243 M. dari sini, ia meneruskanserangaanya ke Eropa dan ke Rusia.

          Serangan Baghdad dilakukan oleh cucunya Hukagu khan. Ia mengalahkan kurasan di Persia terlebih dahulu, kemudian ia menghancurkan Hasysyasyin di alamut. Pada permulaan tahun 1258 M. ia sampai ketepi kota Baghdad. Ketika perintah untuk menyerah ditolak oleh Khalifah al-Musta’sim dan kota Baghdad dikepung, akhirnya pada 10 februari 1258 M. benteng kota ini dapat ditembus.

         Dari sini, Hulagu meneruskan serangan ke Suria dan dari suria, ia ingin memasuki mesir. Akan tetapi, di Ain jalut (Goliath), ia dikalahkan oleh Baybars, Jendral Mamluk dari Mesir pada tahun 1260 M. Baghdad dan daerah yang ditaklukkan Hulagu selanjutnya diperintah oleh Dinasti ilkhan. Ilkhan adalah gelar yang diberikan kepada Hulagu. Daerah yang dikuasi dinasti ini ialah daerah yang terletak antara Asiakecil di barat dan India di timur.

         Dalam hal itu, timur Lenk, seorang yang berasal dari keturunan jengis Khan berhasil menguasai Samarkhan pada tahun 1369 M. dari Samarkhan, ia mengadakan serangan-serangan kesebelah barat dan dapat menguasai daerah-daerah yang terletak antara Dehli dan laut marmara. Dinasti timur lenk digambarkan dengan pembunuhan massal yang dilkukan di kota-kota yang tidak mau menyerah, tetapi melawan kedatangannya.

         Di mesir, Khalifah fatimiah diganti oleh dinasti Salah ad-Dien al-Ayyubi pada tahun 1174 M. dengan datangnya salah ad-Dien, mesir masuk lagi kealiran sunni. Aliran Syi’ah hilang dengan hilangnya Khalifah Fatimiah. Salah ad-Dien dikenal dengan sejarah sebagai sultan yang banyak membela islam dalam perang Salib.

         Dinasti al-Ayyubi jatuh pada tahun 1250 M. dan berkuasa di mesir berpindah ketangan kaum mamluk. Kaum mamluk ini berasal dari budak-budak yang kemudian mendapat kedudukan tinggi dalam pemerintahan mesir.

          Kaum mamluk berkuasa di mesir sampai tahun 1571 M. merekalah yang membebaskan Mesir dan Suria dari peperangan salib dan juga yang membendung serangan-serangan kaum Mongol di bawah pimpinan hulagu dan timur lenk, sehingga mesir terlepas dari penghancuran-penghancuran, seperti yang terjadi di dunia Islam lain. Di India juga, persaingan dan peperangan untuk merebut kekuasaan selalu terjadi sehingga India senantiasa menghadapi perubahan pnguasa. Dinasti timbul untuk kemudian di jatuhkan dan diganti yang lain. Kekuasaan dinasti Ghaznawi dipatahkan oleh pengikut-pengikut Ghaur Khan, yang juga berasal dari salah satu suku bangsa Turki. Mereka masuk India pada tahun 1175 M.

          Sementara itu, di Spanyol timbul peperangan antara dinasti-dinasti islam yang ada disana dengan raja-raja Kristen. Di dalam peperangan itu, raja-raja Kristen memakai politik adu domba antara dinasti-dinasti Islam tersebut. Sebaliknya, raja-raja Kristen mengadakan persatuan sehingga satu demi satu dinasti islam dapat dikalahkan. Cordova jatuh tahun 1238 M. Seville pada tahun 1248. Dan akhirnya Granada jatuh pada tahun 1491 M. orang-orang Islam diharapkan pada dua pilihan, masuk Kristen atau keluar dari Spanyol.

           Pada masa kemunduran ini, disentralisasi dan disinegrasi dalam dunia islam meningkat. Pada zaman itu pula, terjadi kehancuran Khalifah secara formal. Islam tidak lagi menjadi Khalifah yang diakui oleh semua umat sebagai lambing persatuan dan ini berlaku sampai kerajaan Utsman mengangkat Khalifah baru di Istambul pada abad-16. Bagian yang merupakan pusat dunia Islam, jatuh ketangan non-Islam untuk beberapa waktu. Dan terlebih dari itu, islam hilang dari Spanyol.

        Sebab kemunduran :

        Faktor yang jelas adalah luasnya wilayah yang harus dikendalikan, terutama jika dilihat lambatnya komunikasi.

        Faktor kedua adalah meningkatkan ketergantungan, berbagai hal lain kesulitan tentera diberi tanah bukannya uang, dan ini mengurangi jumlah yang harus dibayar ke pendaharaan Negara.

         M. Bursa dapat dikuasainya serangan-serangan diteruskan oleh anaknya Orkhan (1326-1357 M ). Sampai kebagian timur dari benua Eropa. Benteng Tzimpebdan Gallipoli jatuh ketangannya. Sultan Murad (1359-1389). Menaklukkan Adrianopel pada tahun 1365 M. kota ini kemudian dijadikan ibu kota. Tidak lama setelah itu, Macedonia jatuh ke bawah kekuasaanya. Pada tahun 1385 M. sofia, ibu kota Rumelia berhasil diduduki.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *