Tuesday, June 14, 2016

Cara memilih hardware komputer yang baik

                                                                               

       Prosessor

       Bagi computer, prosessor adalah otak. Prosessor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen di dalam computer, mengolah data, dan mengekskusi semua system operasi yang diinstalkan di dalam computer. Satuan kecepatan ekskusi dinyatakan dalam herzt (Hz).

      Teknologi prosessor sudah memanfaatkan multi core, sebuah chip memiliki 2 core atau lebih sudah banyak dibuat. Memiliki computer dengan dua inti atau empat inti, saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Demikian juga harga prosessor yang dijual dari tahun ke tahun terus turun. Tahun 2010 produsen prosessor seperti Intel dan AMD akan terus memperbanyak jumlaj core atau inti prosessor pada sebuah prosessor dari empat core pada sebuah chip akan meningkat menjadi enam bahkan delapan core.

       Beberapa pendapat mungkin mengatakan hal berbeda. Ada yang memilih untuk menggunakan sigle core atau satu inti prosessor dengan alasan :

- Computer digunakan hanya untuk aplikasi ringan seperti browsing internet, aplikasi office.
- Satu inti prosessor lebih hemat power.
- Single core sudah cukup saat ini.

       Ada juga yang memilih dual core dengan alasan :

- Processor dual core lebih intensif untuk aplikasi game.
- Kecepatan dual core tidak banyak berbeda dengan quard core untuk aplikasi tertentu.
- Mendapat kecepatan processor dual core yang lebih baik dengan harga yang sama dari quard core.
- Power lebih hemat dibandingkan quard core.

       Yang lainnya memilih quard core dengan alasan lain :

- Harga tidak berbeda dengan dual core.
- Quard core memiliki kinerja yang lebih baik dari pada dual core.
- Pemakaian power tidak banyak berbeda dengan dual core, walaupun sedikit lebi besar.
- Kebutuhan quard core karena aplikasi yang digunakan sudah mendukung.

       Ketiga pendapat di atas dapat dikatakan benar. Mesing-masing pengguna computer membutuhkan prosessor yang berbeda. Apakah hanya untuk browsing dan mengetik surat saja tentunya sudah dapat dipenuhi dengan single core. Sedangkan yang cukup intensif menggunakan kompuer seperti aplikasi game dapat memilih dual core. Sementara mereka yang sangat intensif pada aplikasi yang menggunakan software yang mendukung multi core dapat memilih processor quard core.

       Berikut adalah jenis-jenis processor berdasarkan tujuan menguanakan computer:

- Computer untuk desain, editing video, programing, dan database disarankan untuk menggunakan processor multi core. Anda bisa memilih processor dengan dua inti, kalau dana anda mencukupi, prosessor dengan empaat inti adalah pilihan yang lebih baik.

- Computer untuk aplikasi game (online dan offline) ataupu aplikasi yang membutuhkan bandwidth yang cukup, sebaiknya menggunakan prosessor multi core.

- Untuk anda yang lebih mengedepankan faktor kebutuhan menggunakan computer dari pada merk, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kecepatan prosessor.

       Perlu diketahui jangan cepat-cepat membeli pprosessor karena hanya kecepatannya saja, tetapi juga hal-hal lain seperti FSB, cache, dan lembaran bit data. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah garansi. Pastikan bahwa prosessor dibeli memiliki garansi toko atau lebih baik lagi jika memiliki garansi vendor (pabrik).

       Pendukung prosessor

       Komponen yang termasuk pendukung prosessor adalah heatsink, kipas, dan pasta prosessor. Ketiga kompnen tersebut berfungsi untuk menjaga kestabilan kinerja prosessor.

       Heatsink berfungsi sebagai peredam panas yang dihasilkan oleh prosessor. Sedangkan kipas berfungsi untuk mendinginkan prosessor dan heatsink. Ketika membeli prosessor, anda akan mendapatkan satu paket yang berisi prosessor,heatsink, dan kipas prosessor. Jika anda menginginkan peforma prosessor lebih bertenaga, anda bisa mengganti heatsink dan kipas standar bawaan prosessor.

       Pasta prosessor berfungsi sebagai media penghantar panas antara prosessor dengan heatsink. Pasta prosessor memungkinkan permukaan prosessor memungkinkan permukaan prosessor benar-benar menempel sempurna pada permukaan heatsink sehingga panas prosessor dapat terserap sempurna oleh heatsink.

        Berikut adalah syarat-syarat yang harus diperhatikan ketika anda akan mengganti atau memodifikasi heatsink atau kipas prosessor.

- Pilih heatsink dan kipas prosessor yang sesuai dengan dudukan mother board.
- Perhatikan ruang kosong pada casing computer. Jangan sampai dimensi heatsink dan kipas prosessor mengganggu kabel-kabel dalam casing.
- Perhatikan tegangan operasional kipas prosessor. Pilihlah kipas dengan tegangan opersional yang tidak perlu besar agar tidak terlalu membebani power supply dan kinerja kipas bisa optimal.

       Hard Disk

       Hard Disk adalah media penyimpanan data, termasuk system operasi. Saat ini, kapasitas hard disk sudah mencapai ratusan GB, bahkan ada yang mencapai satu terabyte (TB), Toshiba, Hitachi, Adata, dan Fujitasu.

       Tips-tips dalam memilih Hard Disk.

- Jangan terlalu murah HDD yang diproduksi oleh distributor resmi disertai dengan garansi, maka haarganya cendrung lebih mahal. Jika tidak ada garansi, anda tidak bisa mengkalaim garansi atau service jika ada kerusakan kepada distributor yang bersangkutan

- Sebelum anda membeli Hard Disk, tentukan dulu kapasitas yang dibutuhkan oleh system operasi yang akan anda gunakan sebagai tempat penyimpanan data. Jangan pernah memperhitungkan selisih nominal Hard Disk yang ingin anda beli. Ingat, penjual hanya berupaya menghabiskan stoknya, tapi anda membeli dengan tujuan tertentu. Belilah hard Disk dengan kapasitas besar skaligus. Bukan sembrono, tapi pintar namanya jika anda membeli HDD dengan kapasitas lebih besar dari yang anda pikir akan anda butuhkan. Ini penting sebagai langkah antisipasi, apalagi anda berencana menggunakan PC tersebut untuk jangka waktu yang lama..

- Janagan percaya omongan tentang kecepatan, maximum transfer rate, janagan percaya begitu saja terhadap selogan ini. Angka kecepatan biasanya diperoleh dari kecepatan transfer antarmemory computer dengann cache hard Disk, sedangkan untuk mengetahui angka, yang lebih baik adalah sustained transfer rate, kerena menunjukkan kecepetan transfer sesungguhnya antara hard Disk dan memory computer. Cara yang terbaik untuk mengetahui kecepatannya adalah mencoba perintah dan tulis yang sesungguhnya.

- Perhatikan putarannya, loading data yang cepat merupakan salah satu bukti bahwa Hard Disk anda mempunyainangka rpm (rotasi per menit) yang tinggi atau besar. Plih Hard disk dengan kecepaytan putrn minimal 7200 rpm.

- Pastikan controller-nya, pastikan kecepatan Hard Disk dan controllernya, khususnya untuk Hard Disk SCSI. Hard Disk yan cepat tapi memiliki controller yang lambat,, maka kecepatan Hard Disk tersebut hanya sama denga kecepatan controllernya.

       Memory

       Sebelum membeli memory, ada hal-hal yng perlu diperhatian :

- Pilih memory yang terbukti kuwalitasnya. Merek-merek yang sudah beredar dipasaran dan sudah terbukti kuwalitasnya.
- Sesuaikan tingkat kebutuhan dengan kapasitas memory. Pada computer yang digunakan untuk administrasi, pilih memory yang berkapasitas 512 MB. Kapsitas 1 GB untuk computer dengan pengguanaan yang lebih berat dan 2 GB. Untuk game dan desain grafis.

       Motherboard

       Motherboard mainboard merupakan bagian induk atau utama yang berbeda dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya, seperti prosessor, RAM, Hard Drive, VGA card, sampai ke Mouse/keyboard semuanya berhubungan dan “dicolokkan” pada motherboard.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *